Protes Acara di Taman Budaya, Para Seniman Membakar Lukisan


Para seniman seni rupa melakukan aksi protes manajemen UPTD Taman Budaya Banda Aceh dengan membakar beberapa lukisan hasil karya mereka di halaman Gedung Taman Budaya, Selasa, 25 April 2017. @MHD SAIFULLAH
Para seniman seni rupa melakukan aksi protes manajemen UPTD Taman Budaya Banda Aceh dengan membakar beberapa lukisan hasil karya mereka di halaman Gedung Taman Budaya, Selasa, 25 April 2017. @MHD SAIFULLAH


BANDA ACEH– Para seniman seni rupa melakukan aksi protes manajemen UPTD Taman Budaya Banda Aceh dengan membakar beberapa lukisan hasil karya mereka di halaman Gedung Taman Budaya, Selasa, 25 April 2017. 
Kamar Agam selaku koordinator acara pameran mengatakan, aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes para seniman terhadap penggunaan gedung.
“Kami sebenarnya membakarnya karena ini sebuah bentuk protes,” kata Agam.
Agam menjelaskan, sebelumnya mereka sedang menggelar pameran seni rupa di Ruang Galeri Gedung Taman Budaya yang digelar mulai 22-27 April 2017, untuk memperingati hari bumi dan ulang tahun Kota Banda Aceh yang ke-812 tahun.
“Tetapi, tiba-tiba ketika pameran seni rupa ini yang berjudul cika-cikaci untuk memperingati hari bumi di ulang tahunnya Kota Banda Aceh, pihak UPTD Taman Budaya juga menerima penyewaan gedung untuk perpisahan siswa sekolah SMA 11 Banda Aceh yang digelar pada hari ini, Selasa, 25 April 2017,” kata Agam.
Hal itu sangat disayangkan oleh Agam selaku koordinator acara, dia menilai gedung yang seharusnya lebih diutamakan untuk kegiatan para seniman malah diutamakan untuk para penyewa gedung.
“Di UPTD Taman Budaya ini kita tahu semua bahwa ini rumah besarnya seniman di sini. Intinya, apa pun kegiatan aktivitas seniman harus di nomor satukan,” kata Agam.
“Kita harus menjaga, memprioritaskan acara mereka, sementara ini UPTD Taman Budaya yang kita tahu semua ini memang rumah seniman. Intinya apapun aktivitas seniman itu harus diutamakan, bukan penyewa yang diutamakan. Di situ kami sangat-sangat kecewa,” kata Agam.[

Postingan populer dari blog ini

AMALAN DAN DOA MALAM NISFU SYABAN

'Picasso' Turki ubah desa jadi galeri seni

RADIO REUBEE CREATIVE